Your Adsense Link 728 X 15

PSIKOSOMATIS

Posted by Unknown Selasa, 05 Juni 2012 0 komentar
Apakah Psikosomatis Itu?

Psikosomatis yang sekarang lebih dikenal sebagai Psikofisiologis disorder, merupakan penyakit fisik yang gejalanya disebabkan oleh gangguan psikis akibat konflik atau stress pada diri seseorang. Biasanya dalam pemeriksaan medis, tidak ditemukan penyebab fisik atas gejala-gejala yang muncul, atau jika penyakit ini muncul sebagai akibat dari kondisi emosional, seperti kemarahan, rasa bersalah, bahkan rasa berlebihan misal terlalu senang atau terlalu gembira. Maka penyakit ini dapat diklasifikasikan sebagai psikosomatis.

Ketika, seseorang merasa tertekan, stress, maka tubuh akan bereaksi terhadap pikirannya. Rata-rata reaksi tubuh terhadap pikiran yang tertekan adalah dengan meningkatnya asam lambung (sehingga memicu sakit ”maag”), munculnya gejala ketombe di kepala, adanya gatal-gatal disekitar kulit di sekujur tubuh, atau rasa mual-mual yang berkala, rasa pusing atau sakit perut secara tiba-tiba,  semua itu biasanya disebabkan karena sebuah beban di dalam pikiran. Beban pikiran ini seringkali menjadi sebuah ”bibit” untuk psikosomatis, karena bila tidak segera ditangani, maka beban pikiran tersebut akan semakin kuat berada di pikiran bawah sadar, yang perlahan-lahan mulai menunjukkan gejala-gejala sakit secara fisik.

Sebagai contoh saat seorang karyawan yang diminta untuk presentasi oleh atasan mengenai target kerjanya, walau ia telah mempersiapkan materi dengan cukup matang, mungkin karena ini bukan hal yang biasa untuk dirinya, maka  ia akan mengalami psikosomatis seperti tiba-tiba sakit perut, keringat dingin, atau timbul reaksi alergi (batuk-batuk / gatal-gatal pada anggota tubuh tertentu) dikarenakan rasa grogi akibat konflik atau stress yang dialaminya, hal ini wajar jika timbulnya sesaat yakni saat mengalami kondisi tertentu, namun akan berakibat buruk apabila gejala tersebut menyerang secara berkepanjangan akibat konflik yang tak terselesaikan.

Bagaimana Menyembuhkan Psikosomatis Tersebut?

Pada dasarnya psikosomatis merupakan hal yang sederhana. Mengapa? Karena begitu masalah yang terpendam di dalam pikiran bawah sadar diketahui, dan masalah tersebut diselesaikan, maka saat itupun pikiran memerintahkan tubuh untuk menghilangkan segala gejala-gejala yang muncul. Di situlah saatnya terjadi kesembuhan atas penyakit psikosomatis tersebut.

Bagaimana Menyelasaikan masalah?

Pada dasarnya manusia dari sejak lahir sudah mengalami konflik (stress), seiring berjalannya waktu masalah yang timbul akan berbeda dan beragam pada setiap individu. Yang membedakan adalah bagaimana cara mengatasi dan menyelesaikan konflik tersebut. Ada masalah yang sederhana dan dapat diselesaikan sendiri, baik dengan menemukan solusi terhadap pekerjaan atau keruwetan yang sedang terjadi, atau dengan membangun sebuah perasaan ikhlas (release) terhadap kondisi yang sedang kita alami.
Misalnya, kita dapat mencoba mengenali dahulu penyebab psikosomatis ini, seperti kemarahan, rasa bersalah, atau apapun yang mungkin menyebabkan pikiran bawah sadar melepaskan tekanan yang terjadi

padanya ke gejala-gejala fisik. Setelah kita mengenali penyebabnya (atau kondisi penyebabnya), maka kita bisa memulai untuk menerima kondisi apapun yang sedang kita alami, dan mulai membuat skala prioritas untuk menyelesaikan berbagai masalah penyebabnya satu demi satu.
Psikosomatis memang sederhana, tetapi butuh suatu tindakan yang tidak mudah untuk menyelesaikanya, terutama untuk menggali penyebab sebenarnya, Setelah penyebabnya dapat dikenali, maka tindakan berikutnya sedikit lebih sederhana, yaitu membangun basis kenyamanan dalam diri penderita psikosomatis ini terhadap kondisi dan masalah yang menjadi penyebabnya tersebut. Dengan kata lain, bersikap tenang dan rasa ikhlas pada apa yang telah terjadi, dan berusaha untuk mencari solusi yang bijak dalam menyelesaikan konflik. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta, rekreasi bersama keluarga dapat menjadi solusi yang tepat untuk menekan timbulnya psikosomatis yang berlebih..  SALAM PSIKOLOGI… (pp)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts