Your Adsense Link 728 X 15

Antara Loyalitas dan Kebersamaan

Posted by Binasanprima buletin Selasa, 05 Juni 2012 0 komentar
Perusahaan terdiri dari sekumpulan individu yang memiliki kesamaan tujuan dan sasaran tertentu. Dalam suatu perusahaan, setiap individu harus dapat belajar untuk mengutamakan kepentingan perusahaan daripada kepentingan pribadi mereka.

Hal yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan adalah LOYALITAS dan KEBERSAMAAN dari setiap karyawan dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik bahkan kemungkinan tidak akan mampu bertahan.

Apabila para karyawan suatu perusahaan memiliki kesetiaan/loyalitas terhadap perusahaannya, maka ia akan merasa memiliki kesadaran akan kewajiban untuk menggunakan semua fasilitas, kemampuan serta sumber daya yang dimilikinya demi kemajuan perusahaannya.

Mereka akan mendukung setiap program kerja perusahaan yang telah menjadi job desc-nya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Namun hal tersebut tentunya memerlukan pengorbanan baik secara materi maupun waktu yang seringkali tidak dapat diterima oleh mereka yang tidak memiliki kesetiaan/loyalitas terhadap perusahaannya.

Disamping loyalitas, di dalam perusahaan juga memerlukan sebuah KEBERSAMAAN, dimana dapat diartikan sebagai semangat kesatuan, sehati, sepikir dan sepenanggungan dalam menjalankan aktivitas perusahaan. Akan tetapi terkadang di dalam melaksanakan program kerja perusahaan tidak semua karyawan memiliki kesamaan sikap dalam mengerjakan bagiannya, sehingga hal ini membuat kemajuan dan perkembangan perusahaan menjadi terhambat. Keinginan-keinginan untuk memanfaatkan keadaan dan 'mau enak sendiri' merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rusaknya bisnis proses dalam suatu perusahaan.

Melihat hal itu, karyawan benar-benar menjadi aset terpenting dalam perusahaan. Roda bisnis perusahaan bisa terus berputar dan suasana kebersamaanlah yang sesungguhnya membuat perusahaan maju lebih pesat. Setiap karyawan 
pada setiap level memiliki kapasitas dan peran masing-masing untuk membangun perusahaan agar maju bersama.
 
Agar LOYALITAS karyawan semakin tinggi, tentunya perlu didukung dengan rasa KEBERSAMAAN dari seluruh karyawan, baik di cabang maupun di pusat. Kegiatan-kegiatan kebersamaan (Employee Relation) merupakan lem perekat agar seluruh karyawan memiliki rasa sehati, sepikir dan sepenanggungan dalam menjalankan bisnis proses yang mengarah pada visi misi perusahaan dan budaya perusahaan yang ingin dibangun. Tidak akan tercipta bunga loyalitas yang indah merekah, kalau tidak pernah memupuk kebersamaan diantara para karyawan.
 
Begitu besarnya peran rasa kebersamaan dalam membentuk loyalitas karyawan, tentunya harus dimulai dari elemen terkecil, setiap Kepala Bagian kepada staffnya, Kepala Cabang/Manager kepada anggota timnya. Suatu perubahan bisa dimulai dari 'kebersamaan kecil' yang akan berdampak kepada 'kebersamaan besar' tentunya.

Saya pribadi secara tulus memberikan apresiasi kepada cabang atau departement yang peduli dan mau mulai memupuk kebersamaan diantara para anggota timnya. Apapun medianya, makan bersama, olahraga bersama, mancing bersama, hiking ditambah ada bagi-bagi doorprize, saya kira hal tersebut berpengaruh besar terhadap loyalitas karyawan. Termasuk salah satunya dengan adanya BSP Buletin ini, kami harap bisa memupuk kebersamaan.

Yang jelas, sebatang lidi akan lebih optimal dan bermanfaat bila dibalut dengan 'kebersamaan ' dengan lidi-lidi yang lain. Berikut kami cuplik beberapa kegiatan kebersamaan, selamat karena telah peduli dengan kebersamaan dan lanjutkan! (rp)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts